Mau Jadi Pengusaha Sukses? Tak Usah Kuliah!

Posted: Februari 18, 2012 in Bisnis, Info, Tips
Tag:, , ,

Setidaknya itu menurut Bob Sadino, pengusaha kenamaan, saat memberi orasi di Udinus. Menurut dia, seperti yang dilansir Jawa Pos (18/12/07) universitas tidak mengajarkan kita untuk bekerja atau membuat pekerjaan. Universitas, menurut dia, hanyalah tempat pembodohan. Jangan pernah berharap jadi pengusaha sukses hanya dengan mengandalkan sederetan gelar S1, S2 dan S3. “Paling banter Anda akan jadi kuli,” begitu katanya mantap.

Saya setuju dan tidak setuju dengan pendapat Bob Sadino di atas. Setuju, kalau kita kuliah dengan harapan jadi kaya adalah salah jalur. Kuliah, atau belajar, adalah proses pencerdasan. Perluasan wawasan dan, dengan demikian, diharapkan kita akan menjadi “manusia yang lebih baik.”

Dengan demikian, saya tidak setuju dengan anjuran Bob Sadino agar kita tidak usah kuliah.
Belajar setinggi mungkin tidak salah. Yang salah kalau kita belajar sampai gelar tertinggi dengan harapan ingin jadi kaya. Jelas itu bukan jalurnya. Dengan kata lain, itu bukan jalur yang “lazim” untuk menjadi kaya. Seorang dengan gelar doktor atau PhD hanya–berdasar titel–hanya akan menjadi pegawai. Pegawai tinggi atau rendah sama saja. Ia tetap pegawai, kuli. Titik. Kalau dengan menjadi kuli dia kaya, maka jelas kayanya tidak akan melebihi bosnya yang sangat mungkin tidak punya gelar atau cuma bergelar S1.

Jadi, kuliahlah sampai jenjang paling tinggi kalau ingin jadi pinter. Tapi cukuplah selesaikan S1 Anda dan cepat-cepat membina usaha untuk menjadi pengusaha kaya dan sukses. Pilihan di tangan Anda. http://afatih.wordpress.com

Komentar
  1. runD mengatakan:

    Saya setuju sama kata-kata Pak Bob Sadino! Kuliah bukannya membuat kita kaya, justru malah membuat kita miskin.
    Padahal uang yang kita pakai untuk bayar kuliah 4 tahun jika dialihkan untuk modal usaha bisa membuahkan keuntungan yang luar biasa.
    Pak Bob ini bicaranya kadang blak-blakan tetapi maknanya sangat dalam dan ada benarnya.
    Lagipula semua perguruan tinggi di dunia itu tidak menjamin kita 100% pasti dapat kerja, hanya memperbesar kemungkinan saja.
    Saya juga cukup S1 saja setelah itu saya tidak mau jadi karyawan dan langsung membuka usaha saja. Saya baru S2 kalau memang Tuhan berkehendak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s